Annyeong Haseyo

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.
(Ali Imran :139)

Senin, 30 Mei 2011

Proaktif

Masih based on buku wanita dambaan surga, kali ini pembahasannya tentang sikap proaktif. Proaktif/inisiatif adalah kemampuan seseorang memutuskan atau menentukan hidupnya, dan mengarahkan jalan menuju target dan cita - cita hidupnya ke arah yang di kehendakinya. Disertai dengan kemampuannya menghalau segala topan dan badai serta melampaui segala halangan dan rintangan.

Wanita proaktif adalah wanita yang menghadapi kehidupan ini dengan sikap percaya diri, penuh tekad bulat, dan pikiran positif. Ia tidak menyalahkan situasi dan tidak menjustifikasi kegagalannya dengan upayanya yang kurang sempurna. Perbuatannya lahir dari keputusannya yang bebas namun bertanggung jawab. Keputusannya lahir dari nilai - nilai dan prinsip - prinsip yang diyakininya.
Ia bukan wanita yang bersifat emosional (pragmatis) tidak terjerumus pada arus emosi yang buta. Ia tidak dikendalikan oleh perasaannya dan tidak bertumpu pada situasi dan kondisi sebagai justifikasi akan kelemahannya.
Ia menjalani hidupnya sesuai dengan keinginannya, bukan berdasarkan kemauan orang lain. Perilakunya tidak terpengaruh oleh keadaan langit yang terang benderang atau gelap karena awan. Berbagai peristiwa yang berbeda - beda tidak mengubah keputusannya dan tidak mengguncangkan perilakunya.

Dari sedikit penjelasan di atas, aku berharap bisa menjadi wanita yang proaktif. Aku benar-benar ingin mempraktekkannya dalam kehidupanku. Tidak bersifat emosional, menjadi pribadi yang tenang dalam menjalani kehidupan menuju kesuksesan.
Aku mengenal seorang teman, dia seorang pria yang lebih tua tiga tahun dariku. Aku belum begitu banyak mengenal tentang dirinya. Tapi selama aku berteman dengannya ada sifat dari dirinya yang spesial (ini pendapat pribadiku) :D
Saat berbicara dengannya aku bisa merasakan pribadinya yang tenang, menanggapi suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda yang sebelumnya tak pernah terlintas di benakku. Hampir tidak pernah terlihat emosi atau amarah saat ia tidak menyukai sesuatu atau terdapat perbedaan pendapat. Hemat dalam berkata-kata,cuma yang penting-penting aja. Entahlah, karena memang dia pribadi yang tenang dan termasuk dalam kategori pria yang proaktif atau ini hanya ke-sotoy-anku ajh..hehehe
Tapi jujur, aku banyak belajar darinya cara dia menghadapi suatu masalah, sikapnya yang tenang memberiku ilmu baru..hehehe.. meskipun dia ngga pernah tau kalau ilmunya tuh lagi di contek..hahahaa
Thanks to that person, smg Allah senantiasa melindungi dan menjaganya serta memberikannya kebahagian karena telah memberikan sesuatu yang berharga untukku, aamiin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar