Annyeong Haseyo

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.
(Ali Imran :139)

Kamis, 02 Juni 2011

Percaya Diri

Pembahasan dari buku wanita dambaan surga kali ini tentang percaya diri / confident. Aku merasa bukan seseorang yang punya kepercayaan diri yang bagus, terkadang malah rendah diri. Hmm, benar - benar sifat yang sangat tidak recommended menjadi wanita dambaan surga. Setelah membaca pembahasan tentang percaya diri di buku ini, aku jadi lebih termotivasi untuk mengubah sifatku menjadi lebih baik lagi terutama dalam urusan Pede alias percaya diri. 

Berdasarkan buku ini,percaya diri adalah kata rahasia untuk menggapai kesuksesan hidup. Percaya diri adalah sesuatu yang bisa diusahakan dan bisa dikembangkan, tidak lahir begitu saja dalam diri kita. Arti percaya diri adalah keyakinan seseorang terhadap keyakinan, pemikiran dan kemampuan dirinya. Wanita yang percaya diri adalah wanita yang akan menghadapi kehidupan dengan hati yang penuh dengan kebulatan tekad dan kehormatan diri. Dalam kamusnya tidak ada kata "gagal". Ia akan menyebut kegagalan sebagai usaha yang belum tepat, yang akan diikuti dengan upaya lain dengan penuh kesadaran.

Sifat wanita yang percaya diri : 
  1. Meyakini bahwa dirinya berhak hidup nyaman dan sukses.
  2. Tidak terpengaruh kritik yang disampaikan. Ia akan mengambil manfaat dari pendapat/ide orang lain.
  3. Meyakini keyakinan (al-qana'ah), nilai (al-qiyam) dan aqidah (al-mu'taqadat) yang dianutnya.
  4. Memuliakan pemikiran, ide dan kesungguhan dirinya sendiri.
  5. Target hidupnya jelas, terencana secara rinci.
  6. Tidak takut memikul tanggung jawab.
Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat saat kita bisa percaya diri, mulai dari mengenali potensi yang ada pada diri kita, mencegah terbenam pada kepribadian orang lain, menjadikan kita memiliki lebih banyak lagi keputusan dan kekuatan dalam membatasi target dan cita-cita, membantu mengatasi ketergelinciran dalam hidup dan menjadikan kita lebih optimis memandang kehidupan. 
Terlalu over confident pun tidaklah bagus, dikhawatirkan akan menimbulkan kesombongan karena merasa paling bisa. Akan lebih baik apabila tidak berlebihan, ya yg pas aja deh..hehehe

Aku senang sekali belajar,mengetahui hal - hal yang bermanfaat bagi kehidupanku di dunia dan di akhirat kelak.  Membaca, mendengarkan pengalaman hidup orang lain, mengambil hikmah dari setiap kejadian dan peristiwa yang ku alami, mendengarkan nasihat orang lain dan segala hal yang bisa menambah ilmu dan kualitas keimananku. Tidak seharusnya aku menjadi wanita yang rendah diri, dengan segala nikmat dan anugerah Tuhan yang diberikan padaku, aku harus percaya diri sebagai rasa syukurku atas keberkahanNya. Ada ungkapan yang aku suka sekali , "Jika anda ingin orang lain menerima anda apa adanya, maka terimalah dulu diri anda apa adanya". Yup,berdamailah dengan diri sendiri. Aku dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kumiliki hanya ingin melakukan yang terbaik untuk Tuhanku, keluargaku dan orang-orang di sekitarku. Karena sesuai hadis Rasulullah "Khairunnas anfa uhum linnas", sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Aku ingin keberadaaanku di dunia bisa bermanfaat bagi manusia yang lainnya sehingga bisa kugapai ridho ilahi untuk sebaik-baiknya kehidupan di akhiratku kelak, insya allah..aamiin ^_^








Tidak ada komentar:

Posting Komentar